Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan Serta Pembinaan Aparatur Pemerintahan Desa Pancawangi

Pancawangi (22/12/2018), telah dilaksanakan Pembinaan dan Pemeriksaan Administrasi Keuangan Desa Semester II Tahun Anggaran 2018. Pada kegiatan itu, bagian-bagian yang terlibat dalam pembangunan beserta administrasi keuangan di Desa diperiksa. Aparatur Pemerintahan yang ada di Desa Pancawangi meliputi Ketua RT/RW, Kepala Dusun, unsur BPD, unsur LPM, Unsur Karangtaruna, unsur perempuan (Kader PKK), anggota Linmas ikut dibina oleh tim Pembina dari Kecamatan Pancatengah, beserta para Pendamping Desa Pancatengah.

Pemeriksaan Keuangan

Pemeriksaan Administrasi Keuangan [Poto: Andi Kusmawan]
Pemeriksaan administrasi keuangan tersebut dilakukan kepada Bendahara Desa (Nanik Yulia Andani) dan Kaur Keuangan (Linda Damayanti) diperiksa oleh Bapak Saepuloh, Bapak Asep Irman dan Bapak Maman mereka merupakan perwakilan dari tim Kecamatan.

Pemeriksaan keuangan tersebut berlangsung  sangat lama karena memang banyak sumber yang diperiksa meliputi pemeriksaan keuangan yang bersumber dari Dana Desa, ADD (Anggaran Dana Desa), PAD (Pendapatan Asli Desa), dan lain-lain.

Dalam pemeriksaan tersebut tidak ada temuan yang berarti, hanya ada sedikit kesalahan dalam penyusunannya dan itu biasa dan langsung di perbaiki cara penyusunannya oleh Bendahara Desa.

Pemeriksaan Pembangunan

Pemeriksaan Pembangunan [Poto: Fajar Insan]
Para Pendamping Lokal Desa (Bapak Suryaman dan Bapak Dada Kudrotilah) terjun langsung kelapangan untuk melihat hasil dari pembangunan yang dilaksanakan di Desa Pancawangi dibimbing langsung oleh  (Inan Sunandar Jaelani) selaku Kasi Kesra dan (Agus Salim) selaku Kaur Tata Usaha.

Mereka yang terjun langsung ke lapangan merasa puas dengan pekerjaan yang dilakukan, karena memang pembangunan yang dilakukan sudah sesuai dengan target Perencanaan.

 

Pembinaan Aparatur Pemerintahan Desa

Pembinaan Aparatur Pemerintahan Desa [Poto: Fajar Insan]
Pembinaan ini dilakukan kepada semua Lembaga yang ada di Desa Pancawangi meliputi RT/RW, Kepala Dusun, unsur BPD, unsur LPM, Unsur Karangtaruna, Kader PKK, dan anggota Linmas.

Pemberi materi tentang Pembinaan ini antara lain Bapak Lili (Sekmat), Mumud Turmudi (Kasi PMD), Bapak Ujang Rahwaya (Kasi Pemerintahan), dan Bapak Misbahudin (Pendamping Desa).

Pada pembinaan ini materi yang disampaikan diantaranya Peraturan Menteri Dalam Negeri, Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 bahwa :

  • Pelaksanaan Pembangunan di Desa sekarang tidak harus dibentuk TPK,
  • Kepala Desa cukup mengeluarkan Surat Keputusan Penunjukan Pelaksanaan Pembangunan kepada Kaur atau Kasi yang ada di Desa,
  • 31 Desember 2018 RAPBDES 2019 sudah diketuk atau sudah disahkan,
  • Tugas Pokok Pemerintah Desa menjadi lima dari empat, antara lain :
  1. Tugas untuk menyelenggarakan pemerintahan,
  2. Tugas untuk menyelenggarakan pembangunan,
  3. Tugas untuk menyelenggarakan pembinaan,
  4. Tugas untuk menyelenggarakan pemberdayaan, dan
  5. Tugas untuk menyelenggarakan siaga bencana .
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan