Subuh Akbar Bersama Polsek Pancatengah, Galang Persatuan Ciptakan Kedamaian

Rabu, 22 Januari 2019. Polsek Pancatengah dan Polres Tasikmalaya bekerja sama dengan unsur Muspika Kecamatan Pancatengah, Kantor Urusan Agama (KUA), Majelis Ulama Indonesia (MUI), UPTD Puskesmas dan UPTD Pendidikan se-Kecamatan Pancatengah melaksanakan gerakan Subuh Akbar. Gebyar Subuh Akbar ini berupa kegiatan Shalat Subuh berjamaah, Ta’lim pagi, ngopi bersama dan sarapan pagi yang dihadiri oleh jajaran Muspika Kecamatan Pancatengah, Polsek Pancatengah, Polres Tasikmalaya, Ulama se-Kecamtan Pancatengah, para Kepala Desa se-Kecamatan Pancatengah, Aparat Desa se-Kecamatan Pancatengah, jajaran UPTD Puskesmas Kecamatan Pancatengah, jajaran UPTD Pendidikan Kecamatan Pancatengah dan warga masyarakat.

Peserta Subuh Akbar berfoto bersama Kasat Binmas Polres Tasikmalaya (Foto: Fajar Insan)

Dimulai sejak 04.00 – 05.30 WIB betempat di Masjid Agung Pancatengah Desa Cibongas Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya. Acara dimulai dengan shalat subuh kemudian sambutan dari penyelenggara yaitu Polsek Pancatengah dan Polres Tasikmalaya, selanjutnya Ta’lim pagi yang diisi ceramah oleh Pimpinan Pesantren Al-Hidayah Cibantar Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya sambil ngopi bersama dan sarapan pagi.

Kapolsek Pancatengah (Bapak Jonnaidi) saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Subuh Akbar (Foto: Fajar Insan)

Pada sambutannya Kapolsek Pancatengah (Bapak Jonnaidi) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Muspika Kecamatan Pancatengah, Kantor Urusan Agama (KUA), Majelis Ulama Indonesia (MUI), UPTD Puskesmas dan UPTD Pendidikan se-Kecamatan yang telah membantu terselenggaranya acara tersebut. Kemudian beliau menyampaikan komitmennya bahwa acara Subuh Akbar ini akan rutin dilaksanakan setiap hari rabu di Masjid Agung Pancatengah Desa Cibongas Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya, dan berharap semoga bisa dilaksanakan di desa-desa se-wilayah Kecamatan Pancatengah.

Kasat Binmas Polres Tasikmalaya (Bapak Cucu Juhana) saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Subuh Akbar ( Foto: Fajar Insan)

Sambutan selanjutnya dari Kasat Binmas Polres Tasikmalaya (Bapak Cucu Juhana), beliau menyampaikan semoga kegiatan ini bisa menjadi “Gerbang Surga” (Gerakan Membangun Sukses Bersama Keluarga) masyarakat Kecamatan Pancatengah dan menjadi perekat umat menciptakan kedamain di tengah panasnya suasana politik tahun 2019.

Pimpinan Pesantren Al-Hidayah Cibantar saat mengisi Ta’lim Pagi pada kegiatan Subuh Akbar (Foto:Fajar Insan)

Ta’lim pagi yang diisi ceramah oleh Pimpinan Pesantren Al-Hidayah Cibantar Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya, beliau menyampaikan bahwa tugas ulama adalah ‘Warobbun Gofur’ yaitu, menjadi penuntun umat untuk mengenal dan mencintai Allah Subhanuhu Wata’ala, merasakan adanya Allah di setiap waktu dan tempat sehingga timbul rasa untuk selalu mohon ampun kepada-Nya.  Sebagai manusia kita harus selalu ingat bahwa perbuatan kita senantiasa disaksikan siang dan malam untuk dipertanggung jawabkan kelak di hari akhir. Agar kita diampuni ada dua syaratnya :

  1. Mahabbah, yaitu cinta terhadap Allah Subhanuhu Wata’ala menyadari bahwa hanya Allah yang patut disembah dalam hidup dan manusia diciptakan hanya untuk beribadah kepada-Nya,
  2. Mutabaah, yaitu turut dan tunduk terhadap ajaran yang dibawa oleh baginda Nabi Muhammad Shollallahu A’laihi wasalam.

Demikian rangkaian kegiatan pada Gebyar Subuh Akbar, semoga kita bisa istikomah dalam menjalankan kegiatan tersebut. Aamiin….

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan